Sabtu, 02 Juni 2012

Tips Menghadapi UAS

Tips Menghadapi UAS
Juni merupakan masa akhir perkuliahan untuk semester genap ini. Teman-Teman di beberapa kampus dan termasuk saya sendiri sudah memasuki minggu tenang, dan bersiap menghadapi ujian akhir semester (UAS).

Istilah minggu tenang sendiri sebenarnya kurang tepat. Sebab, di minggu tenang inilah kita biasanya justru panik menghadapi jadwal UAS yang padat. Tidak ada hari kita lalui tanpa menghubungi teman-teman sekelas untuk meminjam atau mengcopy materi perkuliahan yang belum kita miliki.

Daripada kita menghabiskan waktu minggu tenang ini untuk pulang kampung, liburan ngga' jelas, tidur-tiduran di kos, lebih baik kita bersiap dari sekarang untuk menghadapi UAS. Tips berikut yang saya dapatkan dari berbagai sumber ini semoga akan membantumu Anda mengorganisasikan dan mempersiapkan dirimu menghadapi UAS.

Baiklah, langsung saja tipsnya, cekidot...

1. Mulai belajar pada satu mata kuliah dulu
Ketimbang duduk di sudut kamar, menangis, dan membuat daftar yang harus kamu lakukan untuk tiap mata kuliah, lakukanlah hal itu satu per satu.

Cek kembali buku-buku atau materi-materi kuliah Anda dan lihat bab mana saja yang sudah dibahas di kelas, tugas yang sudah dikerjakan, dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengejar ketinggalan pelajaranmu di kelas. Kemudian, kumpulkan materi kuliahmu, termasuk tugas, kuis, dan ujian yang sudah kamu lalui atau soal-soal UAS tahun lalu dari kakak-kakak tingkat Anda. Lalu, mulailah merinci materi-materi tersebut, apa yang sudah diujikan, dan materi apa yang akan keluar dalam UAS-mu.

Ketika kamu sudah mengetahui perkiraan materi yang akan diujikan, maka kamu akan bisa membuat rencana studi terkait materi tersebut. Kamu bisa juga mencari tahu apakah dosenmu akan menggunakan pertanyaan-pertanyaan dari kuis-kuis sebelumnya atau mengujikan materi yang disampaikan di kelas sebagai bahan ujian.

2. Mengumpulkan materi kuliahmu
Jika ketinggalan pelajaran selama satu minggu, kamu bisa meminta materi tersebut kepada dosenmu. Atau, jika kamu meminjam catatan kuliah teman sekelasmu, pastikan kamu mengembalikannya jauh hari sebelum UAS dan tidak membebaninya.

Sebaliknya, jika ada teman yang meminjam materi pelajaran darimu, pastikan mereka mengembalikannya tepat waktu.

3. Buat jadwal belajar dan konsistenlah
Jika kamu tipe pelajar teratur, tetapi tidak pernah mengikuti jadwalmu, maka ini saatnya kamu mematuhi rencana belajar yang telah kamu buat.

Jangan sampai perhatianmu teralihkan dengan berbagai pesta, rencana konser musisi, band, boyband, gilrband dunia yang sekarang sedang marak di negeri kita ini. Ingat saja, jika kamu belajar sekarang, kamu akan bisa santai setelah ujianmu berakhir. Kamu tidak akan tertekan dengan hasil ujian hanya karena merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

4. Kita ulangi langkah pertama
Sekarang, setelah siap menghadapi UAS untuk satu mata kuliah, kamu bisa bersiap untuk mata kuliah lainnya. Lakukanlah langkah-langkah di atas untuk tiap mata kuliah yang kamu ambil.

5. Jangan lupa berdoa 
Berdoa agar dimudahkan dalam belajar dan diberikan kemudahan menjawab soal.

Dengan merinci persiapan UAS untuk tiap mata kuliah ke dalam langkah-langkah kecil dan "memaksa" diri untuk teratur, kamu akan menghadapi ujian dengan lebih mudah.

Semoga sukses dalam UAS...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar